March 5, 2009

Sub 2.2 Drawing Out the models

Posting Tugas diskusi Arsitektur Dijital Jumat 27 Februari 2009

Diagram > bisa sketsa ato bagan/susunan

sebagai bagian dari system pengajaran di University of east london, saya menanyakan para siswa jika mereka dapat menghitung berapa banyak tipe gambar umum (generic drawing) ada di dalam praktek arsitektur, atau berapa banyak jenis gambar berbeda yang sudah mereka hasilkan di dalam portfolio atau di dalam pengalaman pekerjaan mereka. ini bukan suatu pertanyaan tentang media menggambar, tetapi tentang kegunaan menggambar, saya mebicarakan tentang tipe perencanaan, tampak dan potongan, presentasi gambar dan informasi teknis, dan berbagai variasi tingkat penggambaran detil. saya berbicara tentang sket-sket konsep, diagram suatu sistim, skema struktural dan bahkan proses mendapatkan pemetaan. apa peranan dari berbagai macam jenis gambar di dalam proses desain, dan di luar? bagaimana caranya supaya dapat bekerja? Kode grafis apa yang digunakan untuk mewakili sesuatu yang seharusnya ada digambar? betapa bermanfaat gambar tersebut?,kapan dan mengapa seorang perancang memilih untuk menciptakan nya pada pokoknya?

seorang siswa yang cerdas akan berkomentar bahwa yang ada sekarang hanya kebutuhan akan jenis dari gambar arsitektural. itu disebut 3-D CAD model dimana gambar 2 dimensional dapat digali secara akurat dan baik. jawaban yang cerdik, tetapi itu menerima tanpa bukti bagaimana semua informasi yang dimodelkan ada di sana pada pokoknya. apakah itu cukup untuk mengatakan bahwa desain secara apa adanya dan termodelkan secara eksklusif? apakah modeling sendiri suatu jawaban yang cukup untuk menghasilkan informasi desain yang lebih baik /mendorong ke arah desain lebih baik? sebelum kita dapat membangun informasi ke dalam suatu model, kita harus menggunakan media di mana kita dapat memisahkan masalah desain dan mengeksplornya lebih dalam. teknik sketsa masih bermanfaat. lebih dari itu, 2-D CAD (abstract diagramyang digambar dengan cepat) boleh jadi penuh dengan potensi yang tidak ditemukan

kemunculan dari gambar-gambar gereratif

jenis gambar yang berbeda memainkan peran-peran yang berbeda di dalam proses desain. tidak seperti extracted section from a CAD model, traditionally abctacted architectural drawing dapat menangkap architectural intensions dalam cara-cara yang yang mungkin tidak terkoordinir satu sama lain. kepada beberapa mungkin terlihat seperti sampah, sedangkan yang lainnya akan mengenali tipe gambar tersebut adalah suatu proses penting yang mempunyai kompleksitas yang lebih besar dalam mendesain. dari konsep awal ke instruksi kontrak, peranan dari gambar 2-dimensional susah diukur, karakteristik gambar 2-dimensional ialah tidak selengkap 3D model, kemudian 2-dimensional dapat memberikan berbagai macam outcome dalam bentuk 3D modelnya.

suatu contoh yang baik disediakan oleh component distribution diagramming (CDD), suatu metodologi yang dapat memberikan informasi tentang (model-model yang dibangun dari 2-dimensional) distribusi diagram. metodologi berasal dari suatu lebar dan aplikasi umum di dalam arsitektur, terutama jika anda memahami peran arsitek itu sebagai salah satu yang membagi space dan building component yang menggambarkan space itu sendiri. sampai saat ini, Slider Studio sudah mengembangkan pendekatan untuk desain kulit bangunan, dan mempercepat dalam membuat model perumahan, penilaian-penilaian lokasi dan masterplanning

CDD metodologi didukung oleh costumized- computational-design-software, diterbitkan di VBA untuk microstation, yang sudah berkembang untuk architectural- typology yang berbeda. Software ini memudahkan dalam mencari semi-automatic-generative-design, membuka peluang arsitek-arsitek untuk membuat diagram/sket sederhana -dengan hanya beberapa klik pada mouse -untuk menghasilkan desain yang kompleks dan komplit kedalam 3D. proses itu dapat mengambil beberapa menit bukan jam yang dibandingkan dengan drafting CAD yang tradisional atau metoda-metoda modeling. bagian yang paling sulit, bagaimanapun, adalah pemikiran desain untuk membuat suatu sket abstrak yang baik.

CDD adalah metodologi desain yang bermanfaat, memenuhi seorang arsitek untuk menguraikan masalah arsitectural yang ada sebagai suatu 'distribusi ruang' dari komponen yang lebih kecil ;masing-masing komponen berisi 'pengetahuan' arsitektural dari hal itu sendiri, bagaimana ruang-ruang dapat didistribusikan (dan bagaimana komponen tersebut harus bertindak ketika didistribusikan). ada banyak trik seseorang dapat memainkan di dalam proses CDD, meliput empat langkah-langkah yang dasar di sini. langkah-langkah ini digambarkan oleh ciptaan (by the creation of) (1) komponen dan (2) diagram, yang diikuti oleh generasi yang otomatis (3) informasi -3D model dan (4) laporan evaluasi.

menangkap pengetahuan di suatu komponen : untuk langkah yang awal, kita akan mempertimbangkan; menganggap komponen-komponen untuk dibagi-bagikan. mungkin tidak mewakil pemasangan actual constructional yang nyata tergantung atas pendekatan adopsi. Komponen tersebut perlu dikenali dan dibayangkan oleh perancang sebagai object terpisah yang dapat dirancang dan dimodelkan baik dua atau dimensi tiga, dan yang ditambahkan ke’library’ sebagai komponen-komponen yang serupa.dalam ciptaan, atau setelah event tersebut, informasi dapat ditambahkan untuk memberi komponen pengetahuan tentang bagaimana mereka dapat didistribusikan (dan dalam aplikasi tingkat advance, bagaimana komponen-komponen tersebut melakukan aksi). dengan cara ini arsitek membangun bangunan lalu medistribusikannya (figur 3)

rencana-rencana tersebut adalah sebuah generator. Tahap yang kedua melibatkan penciptaan diagram. diagram dibuat dari jenis yang berbeda dari garis dan bentuk/raut ( disebut pendekatan bentangan setelah felt-tip pen untuk mendisain). suatu perubahan kecil di dalam instruksi dari tiap penanda dapat mempunyai suatu pengaruh yang pokok pada hasil dari suatu model dan di dalam kapasitas ini, diagram jmenjadi setengah generatif. Pendistribusian diagram tidak memerlukan suatu rencana rencana, tetapi rencana muncul dengan adalah abstraksi yang utama ruang (spasi yang dapat dihuni yang terukur, dan merekam fungsi ruang untuk memiliki satu pengaruh di diagram distribusi

populasi model : tahap yang ketiga diaktifkan dengan pemilihan diagram itu untuk dipopulasikan, menunjuk pustaka komponen yang benar dan menekan suatu tombol. saat program sedang berjalan, masing-masing penanda di dalam diagram itu diuji dan menjalankan suatu perintah untuk pendistribusian. perintah ini akan sangat tergantung pada jenis dari penanda diagram dan jenis dari komponen-komponen untuk suatu masalah arsitektural yang spesifik

design metrification : tahap yang keempat di dalam proses itu adalah suatu evaluasi. setelah anda sudah menghasilkan suatu distribusi komponen model, secara penuh yang penuh dengan pengetahuan -komponen-komponen yang medasar, anda dapat mengakses data untuk mengevaluasi deberapa baik data tersebut. sudahkah anda mendapat mix-housing yang benar atau ratio perparkiran mobil? apakah solusinya untuk menemukan perbandingan-perbandingan glazing-ratio yang sesuai? dapatkah anda usahakan untuk membangun solusi ini? distribusi komponen modelyang terprogram dihasilkan dengan membaca perintah di dalam diagram yang asli - serupa dengan membangun informasi yang meliputi database yang dapat disangsikan. laporan-laporan yang disesuaikan dapat dihasilkan untuk menyediakan metric yang relevan untuk menilai desain bangunan, tetapi menuntut semakin banyak kinerja desain dan indikator mutu. For better or worse design measurement is here to stay.

Tantangan Design oleh Make

Stuart Fraser, Make Architect

kita pernah bekerja di daerah perumahan bergengsi di pusat kota London. konsep fenestration dari bangunan ini dirancang untuk mencerminkan fungsi-fungsi yang berbeda masing-masing ruang dengan aparteman lainnya. Meliputi , kamar tamu dengan luasan yang besar, jendela yang terbuka, memaksimalkan pemandangan diluar dan menangkap gambaran cahaya terang yang masuk ke dalam ruangan. sebagai pembanding, kamar tidur lebih mencerminkan perasaan intim sehingga memerlukan pencahayaan yang lebih privat dan lembut; fenestration ruangan ini terdiri dari kombinasi antara slender horisontal dan vertikal serta sedikit bumbu opening light.

menggunakan filsafat fenestration fungsional ini kita coba mengembangkan hal-hal lainnya itu untuk menghindari bagian muka gedung yang berulang namun tetap menyediakan satu irama tertentu dengan suatu hirarki visual yang jelas dan menyesuaikan dengan tiap fungsi yang berbeda. Untuk melengkapi gagasan ini, kita percaya pada cladding panel seharusnya mempunyai suatu pendekatan yang serupa, di mana panel-panel yang individu kadang-kadang dibariskan dan kadang-kadang offset dengan jarak tertentu antara satu sama lain.

Kita telah mengembangkan tipe menggambar generic milik kita sendiri untuk memahami perbedaan solusi cladding yang bersebrangan dengan fasad entri, yang disebut ‘functional elevation’. Type ini adalah stripped-back elevations, dengan nyata merekam ruang (khususnya fungsi-fungsi ruang tersebut) di balik bagian muka gedung. Sudut fungsional menyediakan suatu acuan yang strategis untuk membantu komposisi kita pada fasad, meliputi posisi fenestration yang diikuti oleh panelisasi. Studi-studi yang kami lakukan menimbulkan 11 tpe panel yang berbeda pada bangunan. Pertanyaan itu adalah :dapatkah metode komputer tingkat lanjut memperbaiki ini?

Tanggapan Slider studio

Michael Kohn

Untuk mengerjakan masalah ini, Slider mengembangkan perangkat lunak DoX (kependekan dari Death of the glass box). DoX menggunakan metodologi distribusi komponen diagramming (CDD) yang menggunakan informasi diagram untuk mendistribusikan informasi komponen-komponen tersebut. Tentu saja tergantung atas metodologi desain arsitek yang ada yaitu tingginya fungsi desain tersebut dan menyediakan semi perangkat lunak yang kuat untuk pencarian desain generatif secara otomatis.

Perangkat lunak DoX memiliki 'sel pembangun' untuk membuat komponen-komponen cladding yang primer dan sekunder, dimana dapat membedakan tipe cladding antara padat dan yang dipasangi kaca. Diagram rencana diciptakan oleh jiplakan garis luar dan meliputi penanda-penanda yang merekam fungsi-fungsi internal ruang di balik garis tersebut. Diagram ini secara otomatis diubah jadi satu tempat kumpulan naskah-naskah, menandakan di mana komponen-komponen utama yang berbeda (kaca) dapat terpisah otomatis sesuai fungsi ruangnya. DoX menempatkan komponen-komponen yang utama dan mengisi ruang-ruang sisa dengan komponen sekunder (cladding panels).

Sebagai alternatif, arsitek-arsitek itu dapat bekerja secara langsung secara meningkat, seperti regu Make memilih untuk melakukan gambar 8, dengan menggambar secara langsung tempat-tempat naskah tersebut dan menggerakkan ini untuk menyesuaikannya. Dengan mengubah lebar cladding dari tiap komponen-komponen dan menentukan toleransi-toleransi penempatan yang berbeda untuk masing-masing tempat-tempat naskah tersebut, sejumlah variasi-variasi pengangkatan dapat dihasilkan sampai satu solusi yang sesuai dengan nomor yang diperlukan dari lebar-lebar panel ditemukan. Pada akhirnya, Make menemukan suatu solusi kepada masalah cladding mereka yang menggunakan hanya empat lebar panel sebagai ganti 11. Make setuju ini tidak akan sukses tanpa bantuan dari DoX.

peran dari placeholder -variabel yang tak kelihatan

(konsep komputerisasi yang pokok dibutuhkan untuk memahami metodologi CDD seputar penggabungan pustaka2 komponen dengan penanda diangram distribusi.Penanda2 individual sangat utama ditampilkan sebagai ’placeholders’ untuk komponen yang berbeda. Penanda gambar di CDD dengan efektiv menempatkan tipe yang berbeda dari ’placeholders dengan peraturan yang mengatur hal itu. Dengan basis tersebut metodologi ini sangat open-end.

Sebuah objek ’placeholder’ dapat dipahami sebagai suatu jenis variabel yang tak terlihat , karena secara langsung mencerminkan fungsi variabel dalam bahasa program, menciptakan dan sesudah itu mengendalikannya. Lebih abstrak lagi, ketika melihat model arsitektural yang telah selesai, ’placeholders’ tersebut belum ada. Ketika menggunakan ’placeholder’ dalam model, arsitek dengan efektif mengenalkan tujuan desain secara umum tanpa memotong pilhan masa depan untuk mengubah komponen perancangan yang spesifik

peristiwa yang lain yang menarik dari placeholder itu adalah gagasan di mana satu arsitek dapat memilih derajat tingkat dari toleransi yang bisa diijinkan di dalam menempatkan satu obyek di dalam ’placeholder’. Yakni,’placeholder’ dapat lebih luas dari pada sebuah objek atau lebih dan bisa ditempatkan ke dalamnya. Tepatnya, dimana suatu objek ditempatkan dalam ’placeholder’ bisa menjadi sebjek untuk aturan yang lain –seperti peraturan yang proporsional dalam sebuah kasus dari alogaritma yang spesifik- atau itu bs menjadi sebjek atau pilihan acak, yang dieksekusi sacara manual dengan peran dari sebuah dadu atau digenerate menggunakan generator komputer yang acak. Ini menjadi tingkat dari toleransi ’placeholder’ yang dimasukkan dalam software untuk mengeksplor pola fasad yang kompleks.

metodologi model - diagram arsitektur

hubungan seorang arsitek dengan model 3D berlanjut menjadi sebuah pendewasaan sebuah teknologi yang baru diminati. CGI - photorealistic sudah muncul suatu jenis gambar/ keperluan untuk mendukung pemasaran design proposal yang menjadi jalan plintas dalam merancang. tetapi arsitek-arsitek sekarang juga turut menguji peran dari model untuk interogasi desain dan evaluasi, dan melekatkan kegunaan 3D- model ke dalam metodologi desain mereka sehari-hari. metodologi untuk membangun model yang efektif, sangat menolong dan diagram distribusi komponen mungkin punya suatu peran untuk bermain di sini, ada banyak contoh sistem distribusi di dalam desain arsitektur yang bisa dikenali dan diwakili melalui CDD.

melanjutkan model

maka, berapa banyak tipe gambar dalam medesain? Ini seperti berusaha untuk menemukan banyak tipe ikan di laut. seperti halnya arsitektur dan metodologi desain bahwa menghasilkan gambar, media gambar juga bisa berevolusi dan bermutasi. mungkin ada ratusan tingkat menggambar yang bisa diidentifikasi di dalam proses-proses desain arsitektur, dan masih banyak lagi lainnya yang akan ditemukan. beberapa gambar akan sisa sebagai tulisan cakar ayam yang sederhana mencirikan hasil kerja orang dari suatu kegiatan medesain. Kemudian yang lain akan membuat desain dengan komputerisasi yang kompleks. Computer sebenarnya adalah merupakan alat bantu dalam proses desain.

33 comments:

  1. Dengan adanya software baru memang membantu sekali dalam proses perancangan, tapi walau gambar 2-dimensional susah diukur,dapat juga memberikan berbagai macam outcome dalam bentuk 3D modelnya. Setuju...hehehe

    ReplyDelete
  2. Dengan munculna software baru memudahkan kita dalam menampilkan rancanngan kita berupa 3D..
    Setuju ne sama pernyataanmu walaupuun gambar 2-dimensional susah diukur, tetapi dapat memberikan berbagai macam outcome dalam bentuk 3D modelnya...
    Tinggal kita sebagai calon arsitek pinter2nya untuk memanfaatkannya dalam proses perancangan..iya ga??hehehh

    ReplyDelete
  3. mbak, beneran ke london? keren banget.anak - anak yang ada di postingan mbak itu kira - kira mahasiswa semester berapa, ya?

    ReplyDelete
  4. hmmm..tulisannya panjang juga ya yi'..:D mungkin lebih baik jika ditampilkan beberapa gambar sebagai ilustrasi garis besar yang ingin disampaikan dalam tulisan. secara content overall sependapat, memang benar komputer hendaknya disikapi sebagai alat dalam mempermudah desain, bukan kita yang bergantung.

    ReplyDelete
  5. bagus..bagus..hehe

    ReplyDelete
  6. seiring perkembangan teknologi, kita harus terus mempelajarinya.dengan penggunaan teknologi, pekerjaan arsitektural dapat dibantu menggunakan dijital drawing.dari bahasan di atas dapat ditarik pokok pikiran bahwa dengan teknologi dijital pekerjaan menjadi terbantu dan dapat menciptakan berbagai tipe gambar/presentasi desain.

    ReplyDelete
  7. teknologi dijital sangat membantu pekerjaan arsitektur, dapat menambah tipe presentasi gambar dan dapat mempercepat penyelesaian gambar.

    ReplyDelete
  8. panjangnyaaaa
    sakjane aq udah ada bayangan mbaa!
    3d modelling juga kan?
    eeeeng... ada gambarnya gaa?
    biar bisa ngeh ini program tuh, cara kerjanya gimanaa..
    heheh
    ganaganesha.blogspot.com

    ReplyDelete
  9. jadi???
    kira-kira apa aja sih yang menjadi hambatan dalam membuat model sebuah desain???

    ReplyDelete
  10. well..teknik menggambar dan medianya akan terus berkembang mengikuti kemajuan jaman dan kebutuhannya.. am i rite? :P

    ReplyDelete
  11. asiknya kalau memang bermain-main dengan software, yang bisa mengukur sampai sedetail itu, kalau 3d max kan cuma sebuah media presentasi, gamampu menghitung strukturnya, RABnya juga

    ReplyDelete
  12. hhaaduh.. panjang banget, bu..

    ReplyDelete
  13. wah.....aseng.....

    kurang panjang yi.....

    dadi g terlalu donk...

    tapi pada dasarnya,jaman sekarang serba dijital dan cyber....

    jadi apa2 cukup mudah...

    pokoknya setuju....

    ReplyDelete
  14. panjang bgt yi??hehe..tapi sip,jadi jelas tentang pembahasannya

    ReplyDelete
  15. CDD metodologi bisa di terapkan di Indonesia gak ya? atau jangan-jangan sudah berkembang? Bagaimana CDD metode ini di dunia arsitektur Indonesia?

    ReplyDelete
  16. hmmm...oke juga nie programnya buat mbantuin arsitek...

    nb: postingnya panjang bangetttt...hehe..

    ReplyDelete
  17. loh? komenku kok ngga keluar yaa?

    CDD metode ini berkembang nggak sih di Indonesia?
    trimmss..

    ReplyDelete
  18. ya, komputer mang alat bantu proses desain. dengan fasilitas program-program arsitektur memudahkan kt juga dlm mendesain. ide lbh cepat dituangkan, tapi mang kita mesti nguasai juga programnya...

    ReplyDelete
  19. hm dunia dijital sangat membantu mmg

    ReplyDelete
  20. Drawing out the models

    Modelnya di drawing out

    modelnya dari 2D jadi 3D kan? zaman sekarang yang sepeti ini harus dikuasai bener-bener karena dunia digital berkembang lebih pesat dari kemampuan belajar kita

    ReplyDelete
  21. dawane...
    dadi eling rambute hendrox ho3

    emang2 software2 bkinan bule2 ntu hbat ya..,,kpan ya qte2 bsa bkin kyk bgono??hhmm....

    ReplyDelete
  22. wow dawane..,,dadi eling rambute hndrox,,wkwkwkwk

    emang hebat bener ntu software2..

    jdi pgn punya smuuuaaanya..,,ho3

    ReplyDelete
  23. WEW...
    UDAH PANJANG, KECIL, G JELAS,,
    WAHH,,, SEPERTI ORANGNYA.
    WKWKWKWWKWKWKKK..

    SOFTWARE2X YANG ADA SEKARANG UDAH SGT MEMBANTU PARA ARSITEK.

    ReplyDelete
  24. WAH, KOMENKU KOK G KELUAR E..
    ASENGG..

    SETUJU!!
    SOFTWARE2X TSB SANGAT MEMBANTU ARSITEK DALAM PROSES PERANCANGAN

    ReplyDelete
  25. wah yi' , tulisanmu panjang kali lebar. cilik cilik meneh....
    hheeeeee....
    tapi sip,ok.
    teknologi digital memang sip bgt untuk menvisualisasikan ide ide kita.
    dengan berbagai software grafis dapat meningkatkan kita dalam berkreatifitas.
    pokok e jos marojos top markotop!!!

    ReplyDelete
  26. wah software ini memang sangat mempermudah pekerjaan seorang arsitek.

    ReplyDelete
  27. dalam penulisan ilmiah ada baiknya anda meringkas dan menyimpulkan,mungkin ambil point2 inti dengan bahasa sendiri membuat orang yang membaca lebih tertarik

    ReplyDelete
  28. dalam penulisan ilmiah ada baiknya anda meringkas dan menyimpulkan,mungkin ambil point2 inti dengan bahasa sendiri membuat orang yang membaca lebih tertarik

    ReplyDelete
  29. memang banyak sekali software desain baru yang bermunculan saat ini.
    namun dengan adanya software 3D gambar-gambar 2D adalah tetap menjadi dasar perancangan.

    ReplyDelete
  30. hehehe.. maaap temen1 saya sendiri jugag bingung kog bisa sepanjang ini.. hehehe

    ReplyDelete
  31. yi mungkin bisa dikasih kesimpulan ma gambarnya langsung aj
    tulisanmu kuning dan panjang jadi bingung

    ReplyDelete
  32. Apapun tipe gambarnya yang penting bagus desainnya. Pada intinya, gambar adalah alat yang digunakan oleh arsitek untuk mengkomunikasikan ide-idenya. Jadi, gambar harus dibuat dengan sangat baik, detail, dan yang penting mudah dimengerti oleh orang lain atau klien. Pake CAD boleh, freehand silahkan, CDD ok. Oiya, datu hal lagi, kita jangan cepat puas dan hanya mencukupkan diri hanya dengan satu tipe gambar saja, kita juga harus menguasai berbagai tipe bambar agar desain kita juga semakin dinamis. Apalagi kalau kita bisa menggabungkan semua tipe gambar menjadi tipe yang baik.
    Tiada keberhasilan tanpa kerja keras.

    ariflaksono.blogspot.com
    madaniugm.blogspot.com

    ReplyDelete