February 26, 2009

Mengapa Dunia Digital melanda Arsitektur dan Bagaimana Arsitek Menyikapinya

...sebagai pemenuhan tugas arsitekturdijital...

Apa dan kapan arsitektur digital mulai disebut-sebut??

Frank Llyod Wright (FLW) adalah salah satu arsitek yang hidup dimasa revolusi industri Eropa. Hidup di masa itu merupakan suatu keharusan dan merupakan pilihan. Keharusan di sini karena nama Frank sendiri dibesarkan oleh arsitektur modern bersama dua rekan lainnya. Namun ia memilih mundur dari kebesarannya dan mulai mencoba menempatkan langgam-langgam baru yang sesuai dengan konsep pemikirannya pada karya-karya modernnya. Permainan material merupakan wujud kecintaan seorang Frank terhadap alam. Falling Water mungkin adalah salah satu karya yang akan terus dipelajari keindahannya.


*falling water*


Sejauh ini apa hubungannya dengan arsitektur digital?

Pada masa itu, beberapa karya Frank telah menggunakan hal-hal yang berhubungan dengan digital. Walaupun masih sesuatu yang sangat sederhana, ini telah menjadi salah satu solusi yang baik dalam mempercepat proses karya arsitektur pada masa itu. *penjelasan dan foto mengenai paragraph ini menyusul*

Singkat kata, pertanyaan dunia digital melanda arsitektur memiliki jawaban yang sangat tegas. Karena kita memerlukannya. Kita membutuhkan sesuatu yang serba praktis, serba cepat dan tepat untuk mempresentasikan hasil yang kita inginkan. Kita menginginkan waktu yang singkat untuk suatu proses yang sebenarnya memakan waktu lama. Kita memperkaya suatu desain sederhana untuk kemudian menjadi suatu tampilan yang bahkan kita tak akan pernah bosan melihatnya.



*BMW_Zaha Hadid*



*Cincinati_Zaha Hadid*

Lalu bagaimana seorang arsitek menyikapinya?

Ini adalah pilihan. Dan pilihan itu seharusnya merupakan yang terbaik diantara yang terbaik. Secara gamblang *ketika studi kelompok* kami berpendapat bahwa dijital adalah sarana yang sangat membantu dalam mempercepat proses arsitektur ini. Namun, sketsa tangan merupakan komunikasi paling awal seorang arsitek untuk menuangkan semua ide-ide kreatif mereka sebelum jatuh ke tangan konsumen.

*Artikel menarik: http://www.ideaonline.co.id/article.php?name=/arsitektur-digital&channel=blog_idea_online

*Sumber poto:
arsip pribadi






No comments:

Post a Comment