February 24, 2009

Seberapa Pantas

...sebagai intruduce awal sebuah blog
yang mungkin belum bermakna...


'Seberapa Pantas' mewakili pemikiran pribadi tentang penilaian dimata anda sekalian. Ini bukanlah paksaan hanya sebuah konspirasi yang diharapkan tidak mencoba membunuh yang lain namun tetap menyajikan sesuatu yang mampu mendekati 'Seberapa Pantas' tersebut.

Seseorang menyukai design namun juga agak sedikit pesimistis terhadap pembentukan awal design tersebut. Layaknya saya yang menyukai arsitektur tetapi selalu memandang rendah karya (menurut saya) yang tidak memiliki makna. Bagi saya 'Seberapa Pantas' ia tampil sebagai karya bukanlah dilihat dari outdoor belaka. Bukan sekedar omong kosong filosofi yang pada kenyataannya sangat bertolak belakang dengan apa yang digariskan. Pencapaian inilah yang paling dihargai. Tahapan inilah yang disukai. Dan mungkin bagi saya, arsitektur yang sesungguhnya adalah penghargaan terhadap proses tersebut. Pribadi ini tentu saja masih terus berproses. Berhasil menghina sebuah karya, berarti harus berhasil pula mempertanggungjawabkan hasil sendiri.

Belajar dari buku 'Seberapa Cukup',melihat ke belakang dan mulai mengintropeksi bahwa tidak ada yang salah dalam suatu penilaian. Tidak ada judgement abadi mengenai ketidak indahan. Yang untuk kemudian menjadi harapan bagi saya untuk tidak memikirkan 'Seberapa Pantas' kah saya mengadu arsitektur kepada orang lain.

"Just Watch and Learn"

1 comment: